"EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER"
1. Perspektif
Historis
Jika dilihat dari segi Historis atau
Sejarahnya tediri dari :
v
Komputer Mekanik Dan Elektronik :
Komputer mekanik transmisinya tidak praktis dan tidak dapat
diandalkan sedangkan Komputer Elektronik transmisinya dibantu dengan arus
listrik dengan kecepatan cahaya.
v
Perkembangan Komputer Elektronik :
Tahun 1906 tabung vakum triode ditemukan oleh Lee de Forest.
Tahun 1906 tabung vakum triode ditemukan oleh Lee de Forest.
v
Lima generasi komputer :
Generasi 1 = 1940 - 1956 menggunakan relay dan tabung vakum.
Generasi 2 = 1956 - 1963 menggunakan dioda dan transistor.
Generasi 3 = 1964 - 1971 menggunakan Intergrated Circuit (SSI/MSI).
Generasi 4 = 1971 - sekarang menggunakan mikroprosesor (LSI/VLSI)
Generasi 5 = sekarang - masa depan menggunakan kecerdasan buatan.
Generasi 1 = 1940 - 1956 menggunakan relay dan tabung vakum.
Generasi 2 = 1956 - 1963 menggunakan dioda dan transistor.
Generasi 3 = 1964 - 1971 menggunakan Intergrated Circuit (SSI/MSI).
Generasi 4 = 1971 - sekarang menggunakan mikroprosesor (LSI/VLSI)
Generasi 5 = sekarang - masa depan menggunakan kecerdasan buatan.
v
Generasi 1 (1940 - 1956)
Kelebihan :
Menimbulkan suhu panas yang tinggi.
Membutuhkan tempat yg sangat luas.
Informasi bahasa mesin disimpan dalam magnetic drum.
Kekurangan :
Operasi Kontrol I/O tidak efisien.
Skema modifikasi pengamatan tidak efisien.
Tidak ada fasilitas linking program.
Kelebihan :
Menimbulkan suhu panas yang tinggi.
Membutuhkan tempat yg sangat luas.
Informasi bahasa mesin disimpan dalam magnetic drum.
Kekurangan :
Operasi Kontrol I/O tidak efisien.
Skema modifikasi pengamatan tidak efisien.
Tidak ada fasilitas linking program.
v
Generasi 2 (1956 - 1963)
Menggunakan transistor.
Magnetic core sebagai tempat penyimpanan internal.
I/O lebih cepat (berorientasi pita)
- Generasi 3 (1964 - 1971)
Menggunakan Intergrated Circuit.
Munculnya komputer mini.
Tersedianya perangkat lunak untuk mengontrol I/O
Menggunakan transistor.
Magnetic core sebagai tempat penyimpanan internal.
I/O lebih cepat (berorientasi pita)
- Generasi 3 (1964 - 1971)
Menggunakan Intergrated Circuit.
Munculnya komputer mini.
Tersedianya perangkat lunak untuk mengontrol I/O
v
Generasi 4 (1971 - sekarang )
Menggunakan Mikroprosessor.
Kecanggihan peraltan I/O meningkat.
Kapasita penyimpanan lebih besar dari 3 MB.
Menggunakan Mikroprosessor.
Kecanggihan peraltan I/O meningkat.
Kapasita penyimpanan lebih besar dari 3 MB.
v
Generasi 5 (sekarang - masadepan)
Intelegensi buatan dasar.
Pemanfaatan pengenalan pola.
Implementasi mekanisme dasar untuk mengambil dan mengatur dasar pengetahuan.
2. Klasifikasi Arsitektur Komputer
Terbagi menjadi dua bagian yaitu Mesin von Neumann dan Mesin non-von Neumann.
Intelegensi buatan dasar.
Pemanfaatan pengenalan pola.
Implementasi mekanisme dasar untuk mengambil dan mengatur dasar pengetahuan.
2. Klasifikasi Arsitektur Komputer
Terbagi menjadi dua bagian yaitu Mesin von Neumann dan Mesin non-von Neumann.
v
Syarat Mesin von Neumann :
Mempunyai 3 subsistem hardware dasar seperti CPU, memori utama, dan Sistem I/O.
Menjalankan nstruksi secara berurutan.
Mempunyai 3 subsistem hardware dasar seperti CPU, memori utama, dan Sistem I/O.
Menjalankan nstruksi secara berurutan.
v
Syarat Mesin non-von Neumann :
Single Instruction Stream, Single Data Stream (SISD)
Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream (MISD)
3. Kualitas Arsitektur Komputer
Single Instruction Stream, Single Data Stream (SISD)
Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream (MISD)
3. Kualitas Arsitektur Komputer
v
Generalitas : Jangkauan aplikasi yang cocok
dengan arsitektur.
v
Daya Terap : Pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakan.
v
Efesiensi : Rata - rata jumlah hardware yang
selalu sibuk dalam penggunaan normal.
v
Kemudahan Penggunaan : Kemudahan programmer
dalam membuat software arsitektur tersebut.
v
Daya Tempa : Kemudahan perancang dalam
mengimplementasikan komputer dalam jaringan yang luas.
v
Daya Kembang : Kemudahan perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur.
4. Keberhasilan Arsitektur Komputer
4. Keberhasilan Arsitektur Komputer
v
Manfaat Arsitektural :
Daya terap, daya kembang, daya tempa dan kompatibilitas.
Daya terap, daya kembang, daya tempa dan kompatibilitas.
v
Keterbukaan Arsitektur :
Arsitektur dikatakan terbuka jika perancang mempublikasikan spesifikasinya.
Arsitektur dikatakan terbuka jika perancang mempublikasikan spesifikasinya.
v
Keberadaan Model Pemrograman yang Kompatibel :
Komputer berparalel tinggi sulit digunakan sehingga menarik para analis untuk menemukan cara baru penggunaannya.
Komputer berparalel tinggi sulit digunakan sehingga menarik para analis untuk menemukan cara baru penggunaannya.
v
Kualitas Implementasi Awal :
Komputer merupakan mesin yang baik karena memiliki software dan sifat operasional yang baik.
Komputer merupakan mesin yang baik karena memiliki software dan sifat operasional yang baik.
v
Kinerja Sistem :
Sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer.
Biaya Sistem :Sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer.
Reliabilitas sangat diperlukan oleh komputer yang mengontrol penerbangan, instalasi nuklir mapunkegiatan yg menyelamatkan kehidupan manusia dan kemudahan perbaikan bagi komputer yang jumlah komponennya cukup besar.
0 komentar:
Posting Komentar