Senin, 19 November 2012

Tugas 3 (2. Arsitektur Famili Komputer (IBM))



Arsitektur Famili Komputer (IBM)

    1.      FAMILI IBM PC DAN TURUNANNYA
            Komputer personal pertamakali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit kontrol komputer
IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS
PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB
KOMPONEN IBM PC
1. Sistem Kontrol BUS
2. Sistem Kontrol Intrerrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM
4. Sistem Kontrol DMA
5. Timer
6. SistemKontrol I/O
2. KONFIGURASI MIKROKOMPUTER DASAR
Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.

3. Komponenn IBM PC
1. Sistem Kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Interrupt : Pengontrol Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM : Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol DMA : Pengontrol DMA
5. Timer : Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel Programmable

4. Sistem software 
System software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut : 

1. kompleks, sehinggasulit untuk dipahami
2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak   sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan. 

Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa :
1. dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
2. program yang dieksekusi komputer
3. dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program

System software
1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori

5. Manfaat arsitektural arsitek komputer
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
    1. Aplicability
    2. Maleability
    3. Expandibility
 4. Comptible
 
 Kinerja Sistem
    Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji
  
     Ukuran Kinerja CPU:
     1. MIPS (Million Instruction PerSecond)
     2. MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
     3. VUP (VAX Unit of Performance)
   
    Ukuran Kinerja I/O Sistem :
       1. Operasi Bandwith
       2. Operasi I/O Perdetik
       Ukuran Kinerja Memori :
       1. Memoy Bandwith
       2. Waktu Akses Memori
      3. Ukuran Memori  

 Biaya Sistem
Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya :
     1. Reliabilitas
     2. Kemudahan Perbaikan
     3. Konsumsi daya
     4. Berat
     5. Kekebalan
     6. Interface Sistem Software
                http://siezwoyouye.blogspot(dot)com/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates