Sabtu, 26 November 2011

Prilaku Perspektif (Tugas 3)


Prilaku Perspektif
Perilaku yang menyatakan bahwa berprilaku sosial kita yang paling baik dijelaskan melalui cara-cara perpektif yang dilakukan secara langsung dapat diamati dan lingkungan sekitarlah yang menyebabkan prilaku kita dapat barubah. Kemudian yang menjadikan perbadaan utamanya adalah pada prilaku perspektif untuk melatakkan struktur sosial (makro) dan sebagian lebih memandang  individu (mikro). Berikut inilah penjelasan-penjelasannya.

Prikalu Dalam Struktur Mikro:
Kultur organisasi membentuk kesadaran individual di dalam organi­sasi, menyediakan rutinitas yang merefleksikan persetujuan secara sosial, yang pada gilirannya melahirkan tindakan yang disengaja.  Kultur organisasi kemudian memandu persepsi dan perilaku dari semua anggota organisasi sebagaimana kultur organisasi itu dikembangkan di atas sejarah organisasi serta dibentuk di sekitar peristiwa-peristiwa kritis serta respon organisasi terhadapnya. Selanjutnya, Jackal mendefinisikan kultur sebagai “suatu pola dari asumsi dasar yang dibagi bersama yang digunakan oleh kelompok untuk belajar bagaimana memecahkan permasalahan tentang adaptasi eksternal dan integrasi internalnya, sehingga keberadaannya cukup baik untuk dianggap sah dan, oleh karena itu, diajarkan kepada anggota baru untuk berpikir dan bertindak dalam hubungan dengan permasalahan yang ada berdasarkan kultur organisasi tersebut.” Di dalam definisi ini terletak unsur-unsur dari sosialisasi, sistem penghargaan, pengalaman sejarah, struktur internal dan ­interaksi, serta pikiran dan perilaku individu. Dukungan bagi perilaku perusakan lingkungan hidup dapat ditemukan pada setiap wilayah ini.
Bagian ini akan mengidentifikasikan sumber perilaku organisasi yang merusak lingkungan hidup pada tiga tingkat:
1. artifak,
2 nilai yang menyertai, dan
3 keyakinan yang mendasari asumsi.
Setiap level berbeda dalam derajadnya pada fenomena budaya, yakni berkisar antara sangat nyata, manifestasi dimana seseorang bisa melihat dan merasakan sepenuhnya, asumsi dasar yang didasari oleh kondisi tidak sadar dimana membentuk inti sari dari kultur.

Prilaku Dalam Struktur Makro:
         Adalah prilaku individu sosial yang berperan dalam kehidupan masyarakat, seperti keikutsertaan dalam kegiatan organisasi yang ada dalam masyarakat-masyarakat sekarang ini. Hal ini tentu dapat member hal yang positif terhadap kita karena secara tidak langsung melatih untuk bersosialisasi secara luas dan terbuka.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates