Sabtu, 21 April 2012

~Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan~

 ~Definisi Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan*~

Didalam kehidupan kita pastilah kita mengenal tentang apa yang dimagsud dengan penduduk, masyarakat dan kebudayaan. Ketiga hal tersebut pastilah salaing berkaitan karena memiliki kepentingan yang sangat penting. Penduduk ialah suatu kumpulan dari manusia yang bermukim di suatu tempat dan memiliki kewenangan untuk mengatur kehidupannya sendiri sedangkan masyarakat merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu sistem yang semi tertutup ataupun semi terbuka, yang mana interaksi sebagian besar adalah antara perorangan yang berada di dalam kelompok masyarakat tersebut, dalam masyarakat yang bai setidaknya memiliki empat ciri utama:
1.       Mempunyai sistem tindakan utama
2.      Mempunyai rasa setia pada system yang mereka sepakati bersama
3.      Mampu bertahan hidup lama dalam menjalin hubungan dengan individu yang lain
4.      Mampu melakukan regenerasi dengan sesame anggotanya atau melakukan reproduksi.
Kebudayaan merupakan sebuah tradisi yang secara turun temurun di yg wariskan dan juga  cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, budaya juga dapat berbentuk seni, bahasa, kebiasaan, agama, peraturan, tradisi dan lain-lain.
Setiap Negara mempunyai masalah di bidang kependudukan. Masalah kependudukan yang dihadapi suatu negara berbeda dengan negara yang dihadapi negara lain.
Sebagai negara yang sedang berkembang Indonesia memiliki masalah-masalah kependudukan yang cukup serius dan harus segera diatasi.

~Masalah-masalah kependudukan di Indonesia yaitu:*~
1. Jumlah penduduk besar.
2. Pertumbuhan penduduk cepat.
3. Persebaran penduduk tidak merata.
4. Banyaknya pengangguran.
            Jumlah penduduk yang banyak otomatis memerlukan lapangan pekerjaan yang banyak, sedangkan di Indonesia lapangan pekerjaan terbatas sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran di mana-mana. Untuk mengatasinya pemerintah harus bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyediakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi masalah pengangguran di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates