Jumat, 20 April 2012

TENTANG ILMU SOSIAL DASAR


Sebagai mana telah kita ketahui bahwa yang Ilmu Sosial Dasar merupakan awal mula dari konsep permasalahan sosial yang telah banyak kita pelajari, Ilmu Sosial Dasar tidak lepas dari apa yang dimagsud dengan kesosialan yaitu  suatu ideologi pokok yang memiliki perinsip-prinsip pemikiran umum yang memiliki suatu pandangan pada keadaan-keadaan umum yang mempunyai kehidupan luas di dalam masyarakat. Tidak hanya permasalahan tentang sosial saja yang patut kita ketahui tetapi juga ilmu tentang kemandirian, tentang bagaimana kita cara menerapkan ilmu sosial dasar tersebut kedalam kehidupan sehari-hari kita.
Bentuk tunggal ilmu sosial menunjukan sebuah komunitas dan pendekatan yang saat ini hanya di klaim oleh beberapa orang saja, sedangkan bentuk jamaknya, ilmu-ilmu sosial, mungkin istilah tersebut merupakan bentik yang lebih tepat. Ilmu-ilmu sosial mencakup sosiologi, antropologi, psikologi, ekonomi, geografisosial, politik, bahkan sejarah.
Ilmu Sosial Dasar juga mempunyai landasan-landasan dan batasan-bataan yang tentu memiliki aturan dan norma-norma, berikut ini sebagai bagian-bagian dari hal tersebut:
* Dapat dijadikan sebagai landasan hidup untuk individu agar dapat besosialisasi dengan lingkungan dan menjadikan pedoman sosialisasi.
* Sebagai aturan-aturan kita dalam memilih pergaulan dan kesetaraan hidup.
* Untuk mengetahui bagaimana peranan kita dalam memberikan kontribusi dalam kehidupan bersosialisasi di lingkungan masyarakat luas.
* Menjadikan individu mengerti bahwa kehidupan sosial ini sangat penting bagi jalan hidup seorang individu.
Berikut merupakan pendapat dari seorang Bung Hatta yang telah di kutip mengenai ilmu sosial :
   1.Sebagai critical discourse ( wacana kritis ) artinya pada kajian ini membahas tentang adanya yang kebasahannya tergantung pada kesetiaan pada persyaratan sistem rasionalitas yang kritis dan pada konvensi akademis yang berlaku.
  2.Sebagai academic interprise memiliki pengertian “ bagimana mestinya “.
   3.Sebagai applied science artinya bahwa dalm ilmu sosial itu di perlukan untuk mendapatkan atau mencapai hal-hal yang praktis dan berguna entah untuk mewujudkan sesuatu yang di cita-citakan. Contohnya kemakmuran maupun mengurangi atau meniadakan sesutu yang tidak di inginka contohnya kemiskinan.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates